Membeli Kado Ultah Teman, Lebih Baik Membeli Sendiri Atau Patungan?


Membeli Kado Ultah Teman, Lebih Baik Membeli Sendiri Atau Patungan?

Setiap kali ada perayaan ulang tahun, naik jabatan, pernikahan, hingga lahiran, tentu saja akan sangat senang bila mendapatkan ucapan selamat. Apalagi bila diberikan hadiah.

Nah, bila rekan kerja atau teman Anda sedang merayakan sesuatu sebagai rekan kerja sekaligus teman mereka tentu Anda ingin ikut memberikan ucapan selamat dan hadiah. Kalau dihitung-hitung tentu akan mengeluarkan bujet dari kantong pribadi Anda, meski biasanya hadiah diberikan secara patungan.

Baca juga: Mentraktir dengan Gaji Pertama

Pilihannya apakah Anda akan membelikan kado secara patungan dengan rekan kerja yang lain atau memilih untuk beli dan membayarnya sendiri? Ini pilihan yang bisa Anda lakukan!

Cari Tahu Hadiah Apa yang Akan Diberikan

Sebelum memutuskan hadiah apa yang akan Anda berikan, lihat dulu apa ide hadiah dari rekan-rekan yang ingin dibeli. Pertama, bila hadiahnya sudah ditentukan dan ternyata bisa dibilang spektakuler alias mahal Anda bisa menolak dengan mengatakan bahwa Anda sudah punya hadiah yang dipersiapkan sendiri.

Ajukan Ide Hadiah Sesuai Bujet Anda

Dari cara pertama tadi, Anda bisa tahu kan kira-kira nanti rekan kerja akan meminta patungan berapa dari Anda. Segera pikirkan ide hadiah apa yang sekiranya bila dibagi rata-rata harganya sesuai dengan bujet Anda. Kalau Anda punya ide yang sekiranya ekonomis, mereka juga pasti akan menyetujuinya dan senang dengan ide Anda.

Siapkan Hadiah Pribadi

Cara ketiga ini tidak akan memberatkan, yakni menyiapkan kado yang sesuai dengan bujet Anda. Ada banyak cara lho yang bisa Anda lakukan. Bisa saja Anda berkreasi dengan keahlian Anda mulai dari membuat hadiah sendiri. Cara ini justru lebih hemat dan lebih spesial karena hadiahnya hanya dari Anda seorang.

Bagaimana pun hadiah seharusnya diberikan tanpa memaksakan kondisi keuangan Anda. Jauh lebih bijak bila Anda tidak memaksakan kemampuan finansial untuk sesuatu yang sebenarnya bukanlah kebutuhan Anda. Kalau Anda biasanya punya trik atau cara lain, share ya di kolom komentar di bawah!

Baca juga: Keputusan Finansial DI Usia 20-an


log in

reset password

Back to
log in